X
 


BUMN ID FOOD Realisasikan Kemitraan Rantai Pasok Pangan dengan UMKM hingga 1,16 Triliun

Charles - Nov 25, 2022 19:08:00

JAKARTA, sinarpagibaru.id - Holding pangan ID FOOD bersama UKM/IKM terus meningkatkan rantai pasok pangan sebagai bagian dari perkuat ekosistem pangan.

Direktur Supply Chain Management dan Teknologi Informasi ID FOOD Adhi Cahyono Nugroho mengatakan bahwa sampai dengan periode September 2022 ID FOOD telah bermitra dengan UMKM di berbagai sektor hingga mencapai 806 UMKM yang mensupport di hulu sebagai bahan baku dan sebanyak 214.461 UMKM yang bermitra di hilir untuk produk-produk ID Food dengan nilai kerjasama hingga Rp. 1,16 Triliun.

“Seperti rantai pasok komoditas gula, ID FOOD telah bermitra dengan petani tebu dengan offtake tebu sekitar Rp. 10,4 Milyar/tahun,” jelas Adhi, di Jakarta (25/11/2022).

Adhi melanjutkan, peran ID FOOD Group lainnya seperti sektor perikanan yang dikelola PT Perikanan Indonesia juga telah bermitra dengan nelayan, pelaku usaha perikanan dan UKM untuk memperkuat rantai pasok ikan sekitar 60 Ton per tahunnya. Begitupun komoditas garam dengan offtake garam petani sekitar 105,257 Ton / tahun yang dikelola PT Garam.

Di sektor perdagangan yang dikelola ID FOOD Group melalui platform Warung pangan yang dikelola anggota holding PT Perusahaan Perdagangan Indonesia juga telah bermitra dengan UKM dan IKM untuk mendistribusikan pasok pangan dengan mencapai nilai penjualan sekitar 353 juta rupiah pertahunnya. Begitupun sektor peternakan yang dikelola PT Berdikari dan berpeluang kerja sama pasok daging dan ayam dengan banyak mitra UKM. 

“Kami terus membuka peluang sinergi dengan UKM/IKM lainnya untuk terus perkuat rantai pasok pangan,” pungkas Adhi pada kesempatan kegiatan forum Kemitraan UKM/IKM sinergi Kemenkop UKM.

Menurutnya potensi perluas sinergi rantai pasok pangan sangat besar dan berpeluang tiap tahunnya seperti pada komoditas beras Rp. 214 Milyar, karkas ayam Rp. 227 Milyar, garam Rp. 231 Milyar, ikan Rp. 314 Milyar, benih Rp. 502 Milyar, teh Rp. 60 Milyar, sapi Rp. 195 Milyar, tebu yang berpotensi sinergi UKM hingga Rp. 1 Triliun.

ID FOOD mengajak para pelaku UKM/IKM yang ingin bermitra, dengan memberikan kemudahan akses melalui digitalisasi. ID FOOD mengembangkan _single_ aplikasi untuk e-procurement yang digunakan di Holding dan 16 anak perusahaan.  Dengan single e-procurement, akan memberikan kemudahan akses bagi UMKM untuk bersinergi dalam rantai pasok hulu ID Food. Di hilir, ID FOOD juga mengembangkan aplikasi Warung Pangan untuk UMKM/toko kelontong belanja kebutuhan tokonya, aplikasi gerai daging untuk UMKM yang berminat jadi reseller produk daging beku maupun daging olahan. Di industri perikanan, ID FOOD mengembangkan aplikasi Perindo Nelayan yang memberikan kemudahan bagi nelayan untuk mencari ikan dan langsung menjual hasil tangkapannya.

Adhi melanjutkan peluang kemitraan dengan ID FOOD Group dapat melalui kerja sama petani sebagai penghasil budidaya tebu dan penghasil tebu ke koperasi, pengecer pupuk tebu, jasa mekanisme dan pemeliharaan jasa tebang angkut, hingga produk-produk ID FOOD group seperti gabah/beras, karkas ayam, garam, gula, daging sapi, Ikan, teh.

(rls/nvr)