X
 


Berdasarkan Putusan MA, Kejari Balangan Eksekusi Terpidana Sukri Kades Liyu

Charles - Feb 23, 2024 22:25:47

PARINGIN, SINARPAGIBARU.ID - Kasi Intelijen Kejari Balangan Dimas Satria Putra, SH melalui Kasi Penkum Kejati Kalsel Yuni Priyono, SH. MH menyampaikan kepada awak media ini, bahwa pada hari Jumat, 23 Februari  2024  bertempat di Lapas Kelas II  Amuntai telah dilakukan Pelaksanaan Putusan Mahkamah Agung RI (Eksekusi) terhadap terpidana SUKRI bin IRMANSYAH Umur 49 tahun, Pekerjaan Kepala Desa Liyu.
 
Adapun terpidana SUKRI Bin IRMANSYAH tersebut melanggar Pasal 106 juncto PAsal 28 huruf (h) UU No.18 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan.
 
Bahwa terpidana merupakan Kepala Desa di Desa Liyu Kecamatan Halong Kabupaten Balangan.
 
Bahwa berkas perkara A.n SUKRI anak dari IRMANSYAH tersebut berasal dari Kejaksaan Tinggi Kalimantan Selatan yang kemudian dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Balangan untuk dilakukan Tahap II dan dilaksanakan persidangan di PN Paringin;
 
Bahwa berdasarkan Putusan Mahkamah Agung RI Nomor: 6049 K/Pid.Sus-LH/2023 Tanggal 30 November 2023 menyatakan.
 
Bahwa terdakwa yang bernama SUKRI ANAK DARI IRMANSYAH terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana lalai dalam melaksanakan tugas sebagaimana Dakwaan Alternatif Kedua Penuntut Umum.
 
Menjatuhkan Pidana terhadap Terdakwa dengan Pidana Penjara oleh karena itu selama 6 (enam) bulan dan denda sejumlah Rp. 200.000.000,00,- (dua ratus juta rupiah) dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar diganti dengan Pidana kurungan selama 1 (satu) bulan.
 
Menetapkan lamanya penahanan kota yang telah dijalani Terdakwa dikurangkan dari pidana yang dijatuhkan.
 
Bahwa Pelaksanaan Eksekusi terhadap terpidana baru dilaksanakan hari ini  dikarenakan sebelumnya masih dilakukan. Upaya hukum sehingga menunggu putusan kasasi dari Mahkamah Agung RI.
 
Bahwa terpidana saat diamankan bersikap kooperatif sehingga proses pelaksanaan putusan Mahkamah Agung RI (Eksekusi) berjalan dengan lancar. ucapnya. (din).