X
 


KLHK Lakukan Kick Off dan Launching Kegiatan Hari Anti Korupsi Tahun 2022

Nanggar - Nov 14, 2022 09:51:52

JAKARTA - Inspektorat Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melakukan Kickoff dan Launching rangkaian Kegiatan Hari Anti Korupsi (Hakordia) Tahun 2022 Lingkup KLHK Pada Rabu (9/11) di Jakarta. KLHK berkomitmen untuk menyukseskan gerakan anti korupsi, antara lain dengan terus melakukan sosialisasi, edukasi dan penguatan budaya anti korupsi pada seluruh jajaran KLHK. 

KLHK terus menggalakkan edukasi budaya anti korupsi, dengan melaksanakan rangkaian kegiatan dalam rangka Hakordia Tahun 2022, yang mengambil tema “Indonesia Pulih Bersatu Lawan Korupsi”. Tema ini mengandung makna simbolik berupa kerjasama dan kolaborasi dalam harmonisasi mencapai tujuan yang mulia yaitu Indonesia bebas dari korupsi. 

Sedangkan sub tema lingkup KLHK adalah “Mendengarkan dan Menyadarkan Budaya Antikorupsi”. Maksud dari sub tema ini yaitu bahwa bisa jadi kebiasaan mendengarkan maupun reaksi defensif untuk tidak mendengarkan adalah bagian dari budaya organisasi, sehingga Inspektorat merasa perlu untuk mengangkat isu tersebut sebagai strategi melawan korupsi pada tahun ini. 

Dalam kegiatan yang diikuti oleh ASN lingkup KLHK baik pusat maupun daerah ini, Inspektur Jenderal KLHK Laksmi Wijayanti kembali mengingatkan bahwa Hakordia bukan sekadar bersifat seremonial tetapi juga momentum penting bagi KLHK untuk melakukan refleksi terhadap “value profesi”. 

“KLHK terus-menerus memperkuat komitmen seluruh jajarannya dalam pencegahan korupsi sesuai arah kebijakan nasional dengan secara aktif menjalankan Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK),” ungkap Laksmi. 

Inspektorat Jenderal KLHK selaku APIP telah menyusun peta jalan pencegahan korupsi sebagai dukungan Stranas PK dan Sistem Integritas Nasional di mana Road Map Pencegahan Korupsi KLHK 2022-2025 berisi 4 strategi yaitu minimisasi moral hazard, efektivitas dan transparansi sistem administrasi, optimalisasi pengawasan publik serta atmosfer kondusif stakeholder. Strategi tersebut dijabarkan dalam 29 rencana aksi yang dikelompokkan pada 5 fokus yaitu penguatan kebijakan pencegahan korupsi, penguatan sistem, penguatan kapabilitas/kompetensi SDM, kampanye/sosialisasi, dan penguatan jejaring. 

Dari sisi good government and clean governance, prakondisi dari kita mendorong budaya antikorupsi  adalah pemahaman dari diri sendiri. Oleh karena itu, rangkaian kegiatan peringatan Hakordia 2022 dimaksudkan untuk sarana komunikasi kepada stakeholders, wadah penyaluran ide/kreatifitas stakeholders, dan apresiasi kepada satker KLHK dalam memberikan pelayanan publik sebagai perwujudan reformasi birokrasi

Di akhir sambutannya, Inspektur Jenderal mengharapkan agar peringatan Hakordia tahun 2022 ini menjadi milestone penting bagi KLHK dalam mewujudkan kerja yang akuntabel dan berintegritas.

Acara Kick Off dan Launching Hakordia 2022 ini diawali dengan laporan Sekretaris Inspektorat Jenderal selaku Ketua Panitia, dilanjutkan paparan Dr. Pahala Nainggolan selaku Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, serta ditutup dengan keynote speech oleh Inspektur Jenderal KLHk sekaligus membuka rangkaian kegiatan Hakordia tahun ini.

Dalam paparannya, Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK kembali mengingatkan apa itu korupsi dan jenis-jenisnya, bagaimana konflik kepentingan yang merupakan ‘ibu’ dari korupsi serta bagaimana membangun budaya organisasi yang antikorupsi.  

Dalam webinar series, publik - terutama Generasi muda (Milennial dan Gen Z), menjadi subyek yang akan diberikan kesempatan berpendapat mengenai isu korupsi. Selanjutnya isu transformasi digital dalam meningkatkan integritas pelayanan publik juga menjadi bahasan penting. Isu pencegahan korupsi dalam procurement juga masih menjadi prioritas tahun ini. Sedangkan Talkshow “Itjen Mendengar” sebagai sarana Itjen menyerap aspirasi klien pengawasan sebagai bahan evaluasi pelayanan publik.

Dalam Bulan Sadar Anti Korupsi, publik dan ASN KLHK akan dapat berperan serta dalam festival suara anti korupsi, Reels Challenge, dan KLHK Innovation Awards. (Gtg)