X
 


Lestarikan Budaya Adat Batak, Marga Sijabat Buat Agenda Sombu Sihol di Bona Pasogit

Ronald - May 02, 2022 21:27:31

JAKARTA – sinarpagibaru.id.

Sebagai momen penting bagi setiap marga batak di tanah perantauan di seluruh dunia, untuk berkumpul di kampung asal nenek moyang (Bona Pasogit) secara serentak, bersama-sama dalam satu acara yang disebut Pesta Bolon.

Tersiar kabar, organisasi perkumpulan marga Sijabat yakni Punguan Pomparan Toga Sijabat (PPTS) akan menggelar pesta akbar, acara Pesta Bolon Sijabat yang akan diselenggarakan selama dua hari, tanggal 3-4 Juli 2022.

Acara tersebut mengajak seluruh warga masyarakat keturunan Sijabat dari berbagai penjuru, baik itu laki-laki maupun perempuan untuk hadir.

Undangan itu telah tersebar luas di media sosial maupun koordinasi melalui ketua wilayah masing-masing di seluruh Indonesia.

Memilih tempat di Tugu Toga Sijabat yang terletak di Lumban Sijabat, Sitobu Garoga, Ambarita, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara, yang diperkirakan akan dihadiri ribuan orang.

Untuk diketahui, Pesta Bolon merupakan salah satu kegiatan untuk menjaga dan melestarikan kearipan lokal adat istiadat batak.

Dalam kegiatannya, melaksanakan adat dalihan na tolu, yang melibatkan semua yang hadir, tidak terlepas diantaranya tor-tor, gondang, umpasa batak (berbalas pantun), dan tata cara adat batak lainnya. (charles/AF)