X
 


Manasik Haji Resmi Ditutup, Bupati Banjar Minta JCH Jaga Kesehatan

Charles - May 02, 2024 06:15:20

MARTAPURA, SINARPAGIBARU.ID - Bimbingan manasik haji merupakan bentuk ikhtiar untuk membentuk kemandirian Jemaah Calon Haji (JCH) dan mempunyai arti yang sangat penting dalam rangka meningkatkan pemahaman dan pengetahuan dalam melaksanakan rangkaian ibadah haji nanti di tanah suci.


Demikian sambutan tertulis Bupati Banjar yang dibacakan Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Ikhwansyah saat menutup kegiatan Manasik Haji 2024, di Aula Jeddah Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin di Banjarbaru, Rabu (01/05/2024) pagi.

Ikhwansyah menambahkan, bimbingan manasik haji juga merupakan tanggung jawab dan upaya kita bersama untuk peningkatan pelayanan urusan haji dan penyempurnaan pelaksanaan ibadah haji.

Dirinya juga menyampaikan pesan Bupati agar JCH  senantiasa mengutamakan kesehatan jasmani dan rohani, menjaga pola makan yang sehat, perbanyak olahraga ringan dan menjauhi segala bentuk perilaku yang dapat mengganggu kesehatan. Sebab dengan tubuh yang sehat, maka jemaah akan  dapat menjalankan ibadah haji dengan baik dan sempurna.

Kagiatan ini diikuti 452 JCH Kabupaten Banjar yang difasiltasi oleh Kementerian Agama Kabupaten Banjar, sejak 16 April hingga 1 Mei 2024.

Sebelum penutupan manasik tersebut juga dilaksanakan salat hajad dan tausiah yang disampaikan KH.Wildan Salman.

Penutupan manasik haji ini juga dihadiri Kepala Kemenag Kabupaten Banjar HM Rofii beserta staf.

Seperti diinformasikan sebelumnya pada 6 Mei akan dilaksanakan pelepasan secara umum total 452 JCH oleh Bupati Banjar di Masjid Nurul Iman Indrasari. 11 Mei akan dilepas kloter pertama asal Kabupaten Banjar berjumlah 312 JCH dengan armada 10 unit bus di halaman Mahligai Sultan Adam Martapura. (din/mc).