X
 


Parade Kegiatan Semarakkan HUT Kementerian PANRB ke-63

Nanggar - Jul 26, 2022 10:55:43

JAKARTA, Sinarpagibaru.id - Menjelang hari jadinya yang ke-63, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyelenggarakan sejumlah kegiatan. Semarak parade kegiatan ini berlangsung sejak 21 Juli lalu dan akan berakhir pada 5 Agustus 2022 nanti.

“Berbagai kegiatan kita lakukan bersama seluruh pegawai untuk menyemarakkan hari jadi, serta untuk dapat kembali menginternalisasi tugas dan fungsi, serta keberadaan Kementerian PANRB dalam jajaran pemerintahan,” ujar Sekretaris Kementerian PANRB Rini Widyantini di Jakarta, Senin (25/02).

Tahun ini, pagelaran HUT Kementerian PANRB mengambil tema Kita BerAKHLAK Unggul Melayani Bangsa. Kata ‘Kita’ dimaksudkan sebagai representasi dari ASN, termasuk ASN Kementerian PANRB, sebagai insan Indonesia yang harus memaknai dan memiliki jati diri BerAKHLAK, ditambah dengan rasa bangga melayani bangsa, maka diharapkan akan tumbuh sebagai ASN yang unggul dalam memberikan pelayanan bagi bangsa Indonesia. 

Parade kegiatan HUT Kementerian PANRB ke-63 ini dimulai dengan pembuatan paspor kolektif bagi pegawai Kementerian PANRB dan keluarganya. Bekerja sama dengan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta serta Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non-TPI Jakarta Selatan, kegiatan ini telah berlangsung pada 21 Juli 2022.

Kegiatan kemudian dilanjutkan pada 26 Juli 2022, dimana perwakilan dari Kementerian PANRB akan melakukan ziarah ke makam para Menteri PANRB yang telah berpulang. Berpusat di Taman Makam Pahlawan Nasional di Kalibata, Jakarta Selatan, direncanakan akan dilakukan tabur bunga di makam Alm. Tjahjo Kumolo (2019-2022), Alm. Saleh Afif (1983-1988), Alm. Harsono Tjokroaminoto (1968-1971), Alm. Awaluddin Djamin (1966-1968), serta Alm. A.H Nasution (1962-1965).

Parade berlanjut dengan acara puncak yang jatuh pada Rabu, 27 Juli 2022. Rini menyampaikan bahwa hal ini sejalan dengan penetapan Hari Jadi Kementerian PANRB berdasarkan penelusuran sejarah yang diperingati setiap 27 Juli. Penetapan ini juga telah dituangkan dalam Keputusan Menteri PANRB No. 988/2021.

Acara puncak tersebut akan diisi dengan berbagai kegiatan, diantaranya adalah peresmian klinik, ruang laktasi, perpustakaan, serta apotek Kementerian PANRB. Kemudian dilanjutkan dengan peluncuran aplikasi penunjang kinerja Kementerian PANRB, yang terdiri dari Srikandi (Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi), BRI Commercial Platform sebagai dashboard pemantauan Kartu Kredit Pemerintah, DigiLib (Digital Library), e-Poliklinik, Portal Satu Data, Portal Layanan, serta MAPANRB (Mobile Application PANRB).

Di hari tersebut juga akan dilakukan pencanangan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA) di Kementerian PANRB yang dilakukan melalui penandatanganan digital. Acara puncak direncanakan akan ditutup dengan simbolisasi pemotongan tumpeng HUT Kementerian PANRB ke-63.

Tak hanya berakhir disana, parade kegiatan HUT Kementerian PANRB terus berlangsung hingga awal Agustus. Direncanakan, pada 3 Agustus 2022 akan dilakukan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) bagi pegawai dan keluarga yang bekerja sama dengan Polda Metro Jaya. Bersamaan dengan kegiatan tersebut, juga akan dilakukan donor darah.

Rangkaian kegiatan akan ditutup dengan dua webinar nasional. Webinar pertama dilangsungkan pada 4 Agustus mengenai kearsipan dan dilanjutkan keesokan harinya dengan webinar implementasi e-resource Perpustakaan Nasional.

“Semoga parade kegiatan dalam memperingati HUT Kementerian PANRB ke-63 ini dapat menjadi momentum bagi seluruh pegawai Kementerian PANRB untuk melakukan refleksi diri untuk melihat sejauh apa kita sudah melangkah dan bagaimana kita bersiap menghadapi tantangan di depan,” tutup Rini. (Gtg)