X
 


Penyelenggaraan Event Pariwisata Berkualitas, Perlu SDM Unggul dan Berdaya Saing

Anton - Jun 09, 2022 00:37:22

NTT, sinarpagibaru.id - Penyelenggaraan event pariwisata yang berkualitas, diperlukan SDM pariwisata yang unggul dan berdaya saing. Perlu SDM atau pelaku pariwisata yang dapat memahami dan menguasai cara menyelenggarakan kegiatan/event pariwisata, agar mampu membuat event-event daerah maupun nasional yang menarik dan beradaptasi dengan kemajuan teknologi untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.

Demikian dikatakan Florida Pardosi, Direktur Pengembangan SDM Pariwisata, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) dalam acara pelatihan pengembangan penyelenggaraan kegiatan/event pariwisata di Hotel Flores Mandiri, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur, pada 7-8 Juni 2022.

Florida Pardosi mengungkapkan, Kemenparekraf/Baparekraf sendiri memiliki program Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022 yang merupakan wadah kumpulan event berkualitas dari seluruh Indonesia. Program tersebut diharapkan membawa dampak positif terhadap ekonomi, sosial budaya, dan lingkungan dengan prinsip berkelanjutan serta bertujuan untuk mempromosikan destinasi pariwisata, meningkatkan kunjungan wisatawan, dan memberdayakan potensi lokal, ungkapnya. 

Florida juga mengatakan, Ende dikenal dengan obyek wisata alam Taman Nasional Kelimutu serta segudang pesona wisata alam, sejarah serta budaya. Seperti situs sejarah Bung Karno, bangunan rumah adat, seremonial adat, serta beberapa potensi wisata alam dan budaya lainnya.

Melihat deretan potensi tersebut, Kabupaten Ende sangat potensial melahirkan event-event daerah maupun nasional yang menarik. Di Ende juga telah berlangsung event nasional Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni yang dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo, dimana Event ini juga mendorong keikutsertaan para pelaku UMKM untuk memperkenalkan produk dan karya ekonomi kreatif termasuk destinasi wisata yang dapat menarik minat kunjungan wisatawan dan meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujar Florida. (AF)