X
 


Perpustakaan e-Resources, dan Perannya dalam Perumusan Kebijakan Publik

Nanggar - Aug 08, 2022 13:14:25

JAKARTA - Peningkatan kualitas pelayanan perpustakaan untuk mendukung literasi pegawai menjadi salah satu fokus Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Dukungan referensi atau literasi yang baik diharapkan dapat lebih mendukung kinerja pegawai Kementerian PANRB dalam merumuskan kebijakan dengan lebih komprehensif. 

Sebagai bentuk peningkatan kapasitas SDM, Kementerian PANRB berkolaborasi dengan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI menyelenggarakan webinar dengan tema Implementasi e-Resources Perpustakaan Nasional, di Jakarta, Jumat (05/08). “Sudah lama sekali kami ingin melakukan kerja sama dengan Perpusnas, karena di Perpusnas banyak resource yang bisa digunakan pegawai Kementerian PANRB untuk meningkatkan kualitas kebijakan-kebijakan yang sedang kita lakukan,” ungkap Sekretaris Kementerian PANRB Rini Widyantini. 

Perpustakaan Kementerian PANRB saat ini telah memperbaharui sarana dan prasarana perpustakaan. Di momen Hari Jadi Ke-63 Kementerian PANRB pun telah dilakukan peluncuran aplikasi perpustakaan digital berbasis mobile, yaitu DigiLib PANRB. DigiLib PANRB dapat menjadi sarana bagi pegawai untuk mengakses layanan perpustakaan dimanapun, kapanpun, dan melalui perangkat apapun.

DigiLib PANRB kedepannya diharapkan dapat diintegrasikan dengan aplikasi-aplikasi yang sudah ada di Perpusnas sehingga referensi yang didapatkan lebih luas lagi. Berbagai perbaikan serta keberadaan DigiLib PANRB sebagai akselerasi transformasi digital di lingkungan Kementerian PANRB pun diharapkan dapat mendorong peningkatan Akreditasi Perpustakaan Kementerian PANRB menjadi “Baik”. 

“Tapi bukan sekadar mencapai nilai Baik. Namun bagaimana kemanfaatannya sehingga pegawai nyaman untuk mengakses segala kebutuhan resource yang dibutuhkan ketika para pegawai melakukan pekerjaannya secara komprehensif lagi dalam rangka penyusunan kebijakan,” imbuh Rini. 

Perpusnas RI telah menghadirkan layanan koleksi bahan pustaka elektronik (e-Resources) yang menyediakan akses informasi ilmiah yang tak terbatas waktu dan tempat. Pegawai Kementerian PANRB dapat memanfaatkan dan mengakses layanan e-Resources tersebut, baik berupa e-book, e-journal, dan karya-karya digital lainnya. “Dengan semakin terbukanya akses untuk mendapatkan resource, diharapkan terjadi peningkatan kualitas perumusan maupun penetapan kebijakan secara komprehensif,” tandasnya. 

Komitmen senada pun diungkapkan oleh Sekretaris Utama Perpusnas RI Ofy Sofiana yang diwakili oleh Plt. Kepala Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara Perpusnas RI Yuliatry Bunga. Perpusnas terus bertekad dan berupaya untuk memberikan layanan prima dan berorientasi kepada pemustaka dalam layanan perpustakaan. 

“Kami mengajak pegawai Kementerian PANRB untuk memanfaatkan secara maksimal seluruh koleksi dan layanan yang diselenggarakan Perpusnas dan siap membantu dalam bentuk dukungan referensi untuk pengembangan Kementerian PANRB,” tutur Yuliatry. 

Di era digital, tumbuh bahan bacaan yang sifatnya digital, terbuka dan mudah diakses melalui layanan e-Resources. “Bantuan untuk penelusuran informasi dan referensi, termasuk jika kesulitan untuk menemukan artikel yang sesuai di e-Resources, dapat berkonsultasi dengan pustakawan Perpusnas dalam layanan Tanya pustakawan melalui surat elektronik dan chat,” terangnya. 

Layanan e–Resources dapat diakses melalui https://e-resources.perpusnas.go.id. Subkoordinator Layanan Referensi, Monografi, Berkala Mutakhir, dan Multimedia Perpustakaan Nasional Arief Wicaksono menjelaskan terkait cara mengakses e–Resources yang merupakan layanan unggulan Perpusnas tersebut. Untuk menggunakan e-Resources, seseorang harus terlebih dahulu menjadi anggota Perpusnas. 

“Untuk menjadi anggota Perpusnas bisa mendaftar online melalui https://keanggotaan.perpusnas.go.id/daftar.aspx. Setiap anggota Perpusnas dan telah memiliki nomor anggota yang sah, berhak memanfaatkan layanan e-Resources serta bisa mendapatkan akses ke buku dan jurnal (artikel) internasional,” pungkasnya. 

e-Resources sejatinya dapat dimanfaatkan untuk berbagai jenis kebutuhan. Diantaranya kebutuhan menulis untuk pengembangan profesi (butir kegiatan fungsional), update perkembangan keilmuan sesuai bidang, maupun dasar menjalankan dan menyelesaikan pekerjaan, termasuk sebagai referensi perumusan kebijakan publik. (Gtg)